Sejarah Komputer, HAKI, dan Media Sosial

Hai, kawan-kawan!

Hari ini saya akan membahas tentang sejarah komputer, HAKI, dan media sosial. Yuk simak penjelasan berikut!

1.     SEJARAH KOMPUTER

a.     Apa itu sejarah?

Menurut Patrick Gardiner (1922-1977), sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang apa yang telah dibuat oleh manusia.

b.     Apa itu komputer?

Komputer berasal dari bahasa latin yaitu “computaire” yang artinya “hitung”. Komputer adalah peralatan elektronik yang menerima masukan data, mengolah data, dan memberikan hasil keluaran dalam bentuk informasi, baik itu berupa gambar, teks, suara, ataupun video.

c.     Sejarah Komputer

Komputer pertama kali ditemukan pada 1822 oleh seorang ahli matematika asal Inggris, Charles Babbage. Awalnya, Charles Babbage bermaksud menciptakan sebuah mesin hitung bertenaga uap yang dapat menghitung tabel angka. Mesin tersebut kemudian diberi nama "Difference Engine 0" dan dianggap sebagai komputer pertama di dunia. Bentuk Difference Engine 0 sendiri sangat jauh berbeda dari kebanyakan model komputer modern saat ini. Meski demikian, prinsip kerja yang dimiliki mesin tersebut sama seperti komputer modern, yakni mampu melakukan penghitungan angka alias komputasi.

Hingga pada 1890, seorang penemu bernama Herman Hollerith merancang sebuah sistem kartu yang mampu menghitung hasil sensus AS yang dilakukan pada 1880. Berkat inovasi tersebut, Hollerith berhasil menghemat anggaran pemerintah sebanyak 5 juta dollar AS. Selanjutnya, Hollerith terus mengembangkan potensinya di ranah teknologi hingga akhirnya sukses mendirikan perusahaan komputer IBM.

Gambar 1. Charles Babbage

Gambar 2. Difference Engine

 

2.     GENERASI KOMPUTER

a.     Generasi Pertama (1940-1956)

Generasi pertama dimulai ketika komputer digunakan dalam akademi dan militer, seperti Komputer Atanasoff-Berry dibuat pada tahun 1937 untuk menyelesaikan sistem persamaan linear dan komputer Colossus untuk memecahkan kode rahasia Jerman Nazi. Kemudian, ENIAC yang dibangun pada tahun 1946 menjadi komputer pertama untuk tujuan umum. Ketika komputernya dinyalakan untuk pertama kali, Philadelphia mengalami mati listrik. Komputer generasi ini menggunakan tabung vakum untuk menyimpan data dan ukurannya memakan satu ruangan.

b.     Generasi Kedua (1964-1971)

Generasi kedua dimulai ketika transistor menggatikan tabung vakum. UNIVAC diperkenalkan ke publik tahun 1951 untuk penggunaan komersial. Kemudian, pada tahun 1953, IBM memulai bisnis komputernya dengan merilis IBM 650 dan IBM 700. Berbagai bahasa pemrograman mulai dikembangkan dan komputer mulai memiliki memori dan sistem operasi. 

c.     Generasi Ketiga (1965-1971)

Generasi ketiga dimulai ketika teknologi transistor meningkat menjadi sirkuit terpadu. Komputer mini adalah inovasi yang signifikan dalam generasi ini dan mempengaruhi generasi komputer selanjutnya. NASA menggunakan komputer generasi ini untuk melancarkan Program Apollo, seperti Komputer Bimbingan Apollo untuk mempermudah kendali Apollo Command/Service Module. Digital Equipment Corporation menjadi perusahaan komputer nomor dua di belakang IBM dengan komputer PDP dan VAX-nya. Komputer ini membawa ke pengembangan sistem operasi yang berpengaruh, Unix.

d.     Generasi Keempat (1971-2000)

Generasi keempat dimulai pada dasawarsa 1970-an ketika penemuan MOSFET dan integrasi berskala besar selanjutnya membawa ke pengembangan mikroprosesor di awal 1970-an. komputer pribadi yang semakin kecil berkat mikroprosesor mulai berkembang, dimulai dari komputer rumahan dan komputer meja. Teknologi selanjutnya adalah laptop dan ponsel cerdas yang sangat fenomenal, membawa berbagai perusahaan teknologi ke dalam perang paten atas ponsel cerdas.

e.     Generasi Kelima (1990-masa depan)

Generasi kelima digadang-gadang sebagai tahapan perkembangan teknologi paling canggih saat ini dan diciptakan pertama kali pada tahun 1980-an. Peningkatan dari segi visualisasi, menjadikan tampilan visual pada komputer di generasi kelima mempunyai resolusi sangat tinggi dan begitu tajam. Negara yang mempelopori sejarah perkembangan komputer pada generasi kelima adalah Jepang. Dalam proses pengembangannya, terdapat penambahan komponen-komponen penting ke dalam sistem komputer modern saat ini. Hal ini dikarenakan komponen yang digunakan pada komputer generasi kelima adalah menerapkan ragam teknologi modern, seperti superkonduktor, ULSI, dan kecerdasan buatan (atau kalian lebih mengenalnya dengan sebutan Artificial Intelligence).

 

3.     HAKI (HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL)

a.     Apa itu HAKI?

HAKI atau yang biasa disebut dengan Hak Kekayaan Intelektual adalah hak yang terbuat dari hasil olah pikir manusia untuk dapat menghasilkan suatu produk, jasa, atau proses yang berguna untuk masyarakat.

Gambar 3. HAKI

b.     Fungsi dan Tujuan HAKI

1)    Sebagai bentuk perlindungan terhadap hak milik manusia terhadap kekayaan intelektual dan hasil karyanya.

2)    Sebagai bentuk penghargaan atas kekayaan intelektual manusia.

3)  Sebagai sebuah perlindungan akan aset berharga yang dimiliki oleh perorangan maupun kelompok dalam bentuk hasil karya.

c.     Aspek HAKI

1)    Aspek Ekonomi

Sesuatu yang dimanfaatkan sumber daya (resourse) agar bisa menghasilkan keuntungan.

2)     Aspek Hukum

Sesuatu yang mengatur izin pemanfaatan sumber daya yang disepakati dan di tetapkan oleh pihak berwenang.

d.     Dasar Hukum Dari HAKI

1)    UU No. 19/2002 diganti oleh UU No. 28/2014 tentang hak cipta. Berisi tentang hak cipta, pencipta, perlindungan hak cipta, dan ciptaan yang dilindungi.

2)   UU No. 15 tahun 2001 yang berisi tentang merek, merek dagang, merek jasa, merek kolektif, dan jangka waktu perlindungan terhadap merek.

3)    UU No. 30 tahun 2000 yang berisi tentang rahasia dagang, lingkup rahasia dagang, dan juga perlindungan terhadap rahasia dagang.

e.     Prinsip-prinsip HAKI

1)    Prinsip Ekonomi

Dalam prinsip ekonomi, hak kekayaan intelektual berasal dari kegiatan kreatif hasil dari daya pikir manusia yang memiliki manfaat serta nilai ekonomi, dan akan memberikan keuntungan kepada pemilik hak cipta.

2)    Prinsip Keadilan

Dalam prinsip keadilan ini merupakan suatu bentuk perlindungan hukum bagi pemilik suatu hasil dari kemampuan intelektual, sehingga pemilik atau pemegang hak atas kekayaan intelektual memiliki kekuasaan penuh terhadap karyanya.

3)    Prinsip Kebudayaan

Untuk prinsip kebudayaan sendiri merupakan pengembangan dari ilmu pengetahuan, sastra dan seni guna meningkatkan taraf kehidupan yang akan memberikan keuntungan bagi masyarakat luas, bangsa dan juga Negara.

4)    Prinsip Sosial

Pada prinsip sosial merupakan prinsip yang mengatur terkait kepentingan manusia sebagai Warga Negara, sehingga hak yang telah diberikan oleh hukum atas suatu karya merupakan satu kesatuan yang diberikan perlindungan berdasarkan keseimbangan antara kepentingan individu dan masyarakat atau lingkungan.

f.      Jenis-jenis HAKI

1)    Hak Cipta

Hak cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif. Hak cipta terdiri dari dua hak, yaitu hak moral dan hak ekonomi.

2)    Hak Moral

Hak moral merupakan hak yang melekat secara abadi pada diri pencipta dan tidak dapat dialihkan selama ia masih hidup. Sementara hak ekonomi adalah hak eksklusif pencipta atau pemegang hak cipta untuk mendapatkan manfaat ekonomi atas ciptaannya.

3)    Hak Ekonomi

Hak ekonomi berupa lisensi dan royalti. Jika lisensi adalah izin tertulis yang diberikan pemegang hak cipta atau pemilik hak terkait kepada pihak lain atas ciptaannya maka royalti adalah imbalan atas penggunaan ciptaan atau produk hak terkait tersebut.

4.     MEDIA SOSIAL

a.     Pengertian Media Sosial

Pengertian media sosial adalah media yang bisa digunakan untuk melakukan promosi. Dengan media sosial kamu bisa membangun engagement dengan para konsumen atau calon konsumen tanpa harus bertatap muka.

b.     Contoh Media Sosial

1)    Instagram

Cara mendapatkan keuntungan melalui Instagram sebagai berikut.

a)     Minimal 10 ribu followers.

b)    Perbanyak like dan engagement yang bagus sehingga bisa menghasilkan uang dengan cara endorse.

c)     Menjadi produk reviewers dengan membantu followers.

d)    Menjadi produk buatan sendiri.

e)     Membuka paid promote.

2)    TikTok

Cara mendapatkan keuntungan melalui TikTok sebagai berikut.

a)     Membangun merk adalah kunci agar Anda bisa dikenal dengan mudah.

b)    Unggah konten yang disukai banyak orang atau membuat video yang menarik.

c)     Perbanyak followers.

d)    Membuat konten bersponsor.

e)     Menjual barang.

f)     Meluncurkan musik.

3)    YouTube

Cara mendapatkan keuntungan melalui YouTube sebagai berikut.

a)     Membuat video kreatif dan unik lalu di-upload di YouTube.

b)    Live streaming di YouTube.

c)     Menarik sponsorship.

d)    Promosikan toko online melalui video.

e)     Dapatkan pendapatan iklan dari iklan display, overlay, dan video.


Semoga bermanfaat

Terima kasih

Komentar